Moodle
memberikan kebebasan kita untuk mengelola Quiz. Quiz adalah istilah yang digunakan oleh moodle untuk menyebut aktivitas berupa tes/ujian secara online. Ada beberapa quis yang telah
tersedia seperti pilihan ganda, isian, benar salah, dll. Adapun langkah
pembuatan quis adalah:
2. Klik combo box Add an activity, lalu pilih Quiz.
3. Maka akan tampil jendela Editing Quiz.
Keterangan:
General
- Isilah nama quiz
yang akan dibuat pada kolom Name.
- Isilah Introduction dengan membuat deskripsi singkat quiz yang dibuat.
Timing
- Pilihlah open the quiz dengan cara memilih tanggal, bulan dan tahun di mulai kuis tersebut
- Pilihlah close the quiz dengan cara memilih tanggal, bulan dan tahun akhir kuis tersebut
- Time limit artinya batas waktu pengerjaan kuis.
- Time delay between first and second attempt dan Time delay between later attempts artinya jeda waktu bagi siswa untuk mengulangi kuis tersebut.
Display
- Question per page untuk jumlah pertanyaan tiap halamannya.
- Shuffle question artinya mengacak soal sehingga setiap siswa mendapatkan urutan pertanyaan yang berbeda dengan temannya pada waktu yang sama.
- Shuffle answer artinya mengacak jawaban sehingga setiap siswa mendapatkan urutan jawaban pilihan yang berbeda dengan temannya pada waktu yang sama.
Attempts
- Attempts allowed artinya berapa kali siswa diizinkan mengikuti kuis.
- Each attempt built the last artinya setiap pengerjaan kuis dengan nilai yang digabungkan dengan pengerjaan kuis sebelumnya.
- Adaptive mode untuk menampilkan/menyembunyikan tombol Submit di tiap soal. Sebaiknya pilih No.
Grades
- Grading method: Highest grade, Average grade, First attempts, dan Last attempts. Metode penilaian : Penilaian tertinggi, penilaian rata-rata, penilaian pada usaha pertama dan penilain pada percobaan terakhir.
- Apply penalties, pengurangan nilai pada percobaan/usaha kedua dan selanjutnya.
- Decimal digits in grades, pemberian nilai decimal dibelakang koma pada penilaian.
4. Terakhir, klik Save and display untuk menyimpan perubahan dan menampilkannya.
Posting Komentar